makanan dan minuman sehat

Nih gans mimin punya tips buat makanan dan minuman sehat, tolong disimak ya :)

Makanan dan Minuman Sehat - Makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun. Tetapi, makanan yang dikategorikan sehat ini sangat berhubungan dengan sikap dan pola makan dari setiap orang. Jadi makanan yang mengandung unsur-unsur bergizi harus disertai dengan upaya menjaga kebersihan dan kesehatan orang yang mau memakannya.

Zat Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh

Manusia memerlukan zat makanan yang dibutuhkan agar tubuh dapat beraktivitas dengan normal. Untuk itu, tubuh kita harus diberi makanan yang bergizi dan sehat. Unsur-unsur makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat seperti: protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, air dengan takaran yang seimbang.
1. Protein terutama terdapat didalam jaringan otot gerak, jantung, alat-alat yang mengandung otot polos, kulit, dan sel darah merah.
2. Zat Lemak, terdapat di bawah kulit, disekitar jaringan otot juga di dalam dinding rongga-rongga badan serta jaringan syaraf dan otak.
3. Karbohydrat (hidrat arang), merupakan zat gula yang terdapat di jaringan-jaringan tubuh pada umumnya, terdapat di dalam aliran darah dan sebagian ditimbun didalam jaringan hati.
4. Vitamin, dibutuhkan seluruh tubuh.
5. Air, terdapat hampir di semua jaringan tubuh.
6. Mineral, bagian terbesar dari tulang belulang manusia.
7. Zat Besi, terdapat pada sel darah merah.
8. Zat kapur, terdapat dalam darah.
9. Yodium, terdapat dalam kelenjar gondok.

Manfaat Unsur-unsur Makanan

Zat-zat yang dikandung dalam makanan mempunyai fungsi atau manfaatnya tersendiri bagi tubuh kita. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh fungsinya sebagai zat tenaga, sebagai pembangun, sebagai pengatur, dan sebagainya.

1. Zat tenaga

Zat tenaga biasa berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Unsur-unsur ini biasa terdapat pada nasi, jagung, daging, telur dan lain sebagainya.

2. Zat pembangun

Dalam makanan terdapat zat yang disebut dengan zat pembangun. Unsur-unsur makanan yang mengandung zat pembangun adalah protein, mineral, dan air. Unsur-unsur ini harus seimbang agar kesehatan seseorang terjaga dengan baik,

3. Zat pengatur

Makanan yang terdapat zat pengatur adalah mineral, vitamin-vitamin, dan air. Zat-zat ini mudah diperoleh dalam makanan yang kita makan.

Minuman Sehat

Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.Air minum sehat juga berarti air minum yang bebas  dari bibit penyakit dan racun.
Memilih minuman memang tak lepas dari masalah selera, namun, sebaiknya kita tidak melupakan segi kesehatan. Kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam suatu jenis minuman. Apakah minuman itu merupakan minuman yang dibutuhkan tubuh kita atau tidak. Atau apakah minuman itu termasuk minuman yang bersih dan sehat? Berikut ini beberapa syarat air yang bersih dan sehat:
1. Harus jernih tak berwarna, tidak berbau, dan tak berasa (asin, manis, pahit, atau getir) atau disebut air yang memenuhi persyaratan fisis.
2. Tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan, seperti zat tembaga, zat seng, zat racun dan alkohol.
3. Atau disebut air yang memenuhi persyaratan khemis (kimiawi).
4. Tidak mengandung benih-benih penyakit, misalnya, penyakit typhus, dan dysentri.
5. Cukup mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Gizi Seimbang

Kita sudah membahas bersama tentang minuman yang bersih dan sehat. Ada beberapa minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti air, kopi, jus, susu, dan lain-lain. Semua minuman bermanfaat bagi tubuh kita tetapi belum tentu semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena itu kita perlu menjaga keseimbangan gizi. Jika tidak ada keseimbangan gizi maka zat-zat yang kelebihan akan menimbutkan penyakit baru. Misalnya, kita makan makanan yang bergizi tinggi tetapi tidak melakukan olahraga maka bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan yang berlebihan. Gizi seimbang adalah susunan menu seimbang yang dapat memberikan:
1, Cukup kalori/energi, guna memenuhi pengeluaran energi setiap hari.
2. Cukup protein, guna memenuhi keperluan tubuh untuk pertumbuhan.
3. Cukup lemak, guna keperluan tubuh akan asam lemak tak jenuh dan untuk menggunakan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.
4. Cukup vitamin dan mineral.

Menu yang seimbang ini lebih lazim disebut hidangan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna, yang terdiri dari:
1. Makanan pokok (sumber hidrat arang),
2. Lauk-pauk (sumber protein dan lemak).
3. Sayuran (vitamin dan mineral).
4. Buah-buahan (sumber vitamin).
5. Susu (sumber protein, vitamin dan mineral).

Gangguan Kesehatan Akibat Gizi yang Kurang Sempurna

Kekurangan unsur-unsur makanan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti:
1. Kekurangan Protein akan menyebabkan penyakit kwashiorkor.
2. Kekurangan Vitamin A mengakibatkan kerusakan mata.
3. Kekurangan Vitamin B mengakibatkan penyakit beri-beri.
4. Kekurangan Yodium Menimbulkan pembengkakan kelenjar gondok.
5. Kekurangan Zat kapur mengganungu pertumbuhan tulang dan gigi.
6. Kekurangan karbohidrat menurunkan kekuatan daya gerak.


Kekurang sempurnaan gizi di dalam makanan jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan mengganggu pertumbuhan serta menurunkan daya tahan tubuh serta menurunkan imunitas tubuh sehingga penyakit lebih mudah masuk kedalam tubuh.

Komentar

Postingan Populer